Contoh Format Instrumen Penilaian Kepala Sekolah / Madrasah

Secara umum yang dimaksud instrumen adalah suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu objek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel.

Contoh Format Instrumen Penilaian


Dalam bidang penelitian, instrumen diartikan sebagai alat untuk mengumpulkan data mengenai variabel – variabel penelitian untuk kebutuhan penelitian, sementara dalam bidang pendidikan instrumen digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, faktor – faktor yang diduga mempunyai hubungan atau berpengaruh terhadap hasil belajar, perkembangan hasil belajar siswa, keberhasilan proses belajar mengajar guru, dan keberhasilan pencapaian suatu program tertentu. Sedangkan menurut Permendikbud No. 104 Tahun 2014, instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk menilai capaian pembelajaran peserta didik, misalnya: tes, dan skala sikap.

Pengertian lainnya menjelaskan, bahwa instrumen adalah  alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data, dapat berupa tes atau nontes. Tes atau penilaian merupakan alat ukur pengumpulan data yang mendorong peserta memberikan penampilan maksimal. Sedangkan Instrumen non-tes merupakan alat ukur yang mendorong peserta didik untuk memberikan penampilan tipikal, yaitu melaporkan keadaan dirinya dengan memberikan respons secara jujur sesuai dengan pikiran dan perasaannya.

Jenis Jenis Instrumen Penilaian
  1. Tes sebagai instrumen penilaian
  2. Tes Uraian (Tes Subjektif)
  3. Tes Objektif
  4. Tes Lisan
  5. Tes Perbuatan

Syarat Instrumen Penilaian yang Baik

Penilaian adalah membandingkan objek yang di nilai dengan instrumen nilainya, kemudian mencatat angka kepada objek yang di nilai menurut aturan tertentu. Instrumen penilaian yang digunakan dalam ilmu alam merupakan contoh yang baik bagi Instrumen penilaian dalam ilmu sosial dan bahasa. Berbagai variabel dalam ilmu alam seperti berat, jarak, waktu, suhu, kecepatan, dan sebagainya dikumpulkan datanya dengan cara melakukan penilaian. Instrumen penilaian apapun yang akan digunakan untuk menilai data harus memenuhi syarat sebagai instrumen penilaian yang baik. Sebelum instrumen penilaian digunakan untuk menilai dan mengumpulkan data, instrumen penilaian terlebih dahulu dibakukan dalam sebuah proses uji coba sehingga instrumen penilaian mempunyai ciri tertentu untuk menghasilkan data yang akurat dan handal.

Instrumen juga harus memenuhi syarat reliabilitas. Reliabilitas berhubungan dengan dapat dipercayanya instrumen. Instrumen dapat dipercaya apabila memberikan hasil penilaian yang relatif stabil dan konsisten. Semakin tinggi akurasi dan presisi hasil penilaian, maka semakin rendah tingkat kekeliruan dalam melakukan penilaian. Dan semakin rendah kekeliruan maka akan menghasilkan penilaian dengan hasil yang konsisten. 

Selain itu, syarat instrumen penilaian yang baik memiliki ciri-ciri dan harus memenuhi beberapa kaidah berikut ini:
  1. Validitas
  2. Reliabilitasi
  3. Objektivitas
  4. Ekonomis
  5. Taraf Kesukaran
  6. Daya Pembeda

Berikuti ini Contoh Format Instrumen Penilaian yang bisa bapak ibu guru kepala sekolah unduh secara gratis di bawah ini.

0 Response to "Contoh Format Instrumen Penilaian Kepala Sekolah / Madrasah"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel