Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru

Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru  ini sebenarnya bisa memakai erapor SMP.  Akantetapi untuk jenjang sekolah yang  mendapatkan kesusahan bias memakai Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru ini , namun manual atau aplikasi berbasis excel. 

Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru


Guna membantu para guru pengajar yang  memerlukan Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru  pada kesempatan ini admin berbagi link untuhan Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru.

Menurut Pedoman Penilaian SMP tahun 2017, Penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian  terdiri  dari pelaksanaan  penilaian harian  (PH) dan penilaian tengah semester (PTS).  Sedangkan Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

A. Bentuk Penilian oleh Pendidik
Penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian  terdiri  dari pelaksanaan  penilaian harian  (PH) dan penilaian tengah semester (PTS).

1. Penilaian harian
Penilaian harian dilaksanakan setelah serangkaian kegiatan pembelajaran berlangsung sebagaimana yang di- rencanakan dalam RPP. 

2. Penilaian tengah semester  (PTS) 

Penilaian tengah semester  (PTS) merupakan  kegiatan  penilaian  yang  dilakukan  untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran setelah kegiatan pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan PTS meliputi seluruh KD pada periode tersebut.

B. Bentuk Penilian oleh Satuan Pendidikan

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

1.  Penilaian Akhir Semester
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian  rapor.

2.  Penilaian Akhir Tahun

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).

Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

3.  Ujian Sekolah
Ujian Sekolah (US) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan penyelesaian dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah semua mata pelajaran yang diajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Untuk beberapa mata pelajaran, ujian sekolah diselenggarakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik, namun beberapa mata pelajaran lain dilaksanakan dengan ujian tulis atau ujian praktik saja. Pengaturan tentang hal ini dan pelaksanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian Sekolah yang disusun oleh satuan pendidikan.

Hasil analisis ujian sekolah dipergunakan pendidik dan satuan pendidikan untuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan pada tahun pelajaran berikutnya. Hasil ujian sekolah dilaporkan satuan pendidikan kepada orang-tua peserta didik dalam bentuk surat keterangan hasil ujian (SKHU). Hasil ujian sekolah digunakan sebagai salah satu pertimbangan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Untuk mendapatkan unduhan  file Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru  bapak ibu guru bisa liat filenya di bawah ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Penilaian Guru K13 dan Aplikasi Pengisian Raport K13 Untuk SMP Terbaru "

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel