Update Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK 2018-2019

PANDUAN OPERATOR MADRASAH UAMBNBK 

(Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Basis Komputer)

Aplikasi UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

A.PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI UAMBNBK

1.PANDUAN PROKTOR MADRASAH


Operator Pihak Madrasah merupakan “command center” yang mengatur data-data madrasah, data siswa yang mengikuti ujian, sinkronisasi dan kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring Untuk membuka aplikasi UAMBNBK terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser (seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome) pada PC anda.

1.1. Browser
Langkah pertama anda harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda bisa membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox dan SafeExampBrowser gambar dibawah ini, (disaranakan menggunakan Google Chrome) :


Update Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK 2018-2019

Berikut ini gambar/logo dari Browser (Google Chrome Mozila Firefox dan Safe Examp Browser) :


Untuk memaksimalkan dalam penggunaan aplikasi UAMBNBK, spesifikasi hardware server proktor disarankan menggunakan spesifikasi min. Prosesor core I5, Memory RAM 8GB. Koneksi jaringan internet/LAN dan dipastikan sudah terhubung/koneksi dengan jaringan untuk dapat mengakses Aplikasi online, sedangkan untuk aplikasi offline cukup terhubung dengan jaringan local, Kecuali saat proses sinkronisasi harus terhubung dengan internet.

1.2.Beranda Aplikasi UAMBNBK
Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, berikut dibawah ini adalah tampilannya apabila Anda telah berhasil masuk ke halaman LOGIN UAMBNBK.



Aplikasi Uabbnbk


1.3.Login Operator Pada Aplikasi UAMBNBK
Hak akses Pihak Madrasah adalah sebagai Operator Madrasah atau Proktor Madrasah, karena hak dan otoritas nya adalah untuk mengatur data dan lalulintas pemakaian aplikasi UAMBNBK di tingkat madrasah-madrasah. Ada dua jenis tahap login pada proktor madrasah yaitu login ketika online dan login ketika offline. Login ketika online yaitu langsung dari alamat link http://madrasah.argociptapersada.com sedangkan login secara offline yaitu pada aplikasi  UAMBNBK yang sudah di install tadi setalah selesai mengisi data di online. Berikut tahapan-tahapan di bawah ini :


LOGIN SECARA ONLINE

aplikasi uambnbk online


Gambar di atas adalah tampilan awal ketika sudah memasukan alamat link tadi,


Langkah-langkah login ke dalam aplikasi :
  1. Masukan username proktor madrasah
  2. Masukan Password pada text box
  3. Klik tombol Sign in atau tekan Enter

2. MENU BERANDA

Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, pada menu beranda terdapat 3 sub menu yaitu Dashboard, Monitor Update dan Helpdesk.


2.1. Dashboard
Halaman dashboard ini memuat tahapan Pengunaan Aplikasi UAMBNBK versi 1.0 baik online maupun offline. Ada 3 langkah penggunaan aplikasi ini tahap pertama yang harus di isi oleh proktor madrasah yaitu pengisian data secara online dengan mengisi Data Dasar yang meliputi Cek Profil Madrasah, Cek Data Siswa, Isi Ruang Ujian, Penjadwalan Madrasah, Pemaketan dan Penjadwalan, dan Backup Kesiapan Ujian. Kemudian tahap kedua adalah sinkronisasi data yang di lakukan secara offline menggunakan aplikasi yang di install tadi yang meliputi dua tahapan yaitu yang pertama sinkronisasi data online ke offline dan tahap terakhir sinkronisasi bank soal. Kemudian langkah ke Tiga sama seperti menu sebelumnya di lakukan secara offline yaitu Pelaksaan Ujian, meliputi yang pertama Cetak Kartu Ujian, kemudian Kontrol Ujian, Berita Acara dan Absensi dan terakhir Hasil Kirim Ujian ke Pusat. Berikut langkah-langkahnyah akan di jelaskan dibawah ini.

dasbor aplikasi uambnbk online.png


Langkah 1 – Mengisi Data Dasar

Detail petunjuk pengisian dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “cek profil madrasah” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.



dasbor mengisi data dasar aplikasi uambnbk online.png


Langkah 2 – Sinkronisasi Data

Detail petunjuk pengisian pada langkah 2 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “sinkronisasi penjadwalan” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


dasbor singkron data aplikasi uambnbk online.png


Langkah 3 – Pelaksanaan Ujian

Detail petunjuk pelaksanaan pada langkah 3 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “kartu ujian, kontrol ujian, dan berita acara dan absensi”


Untuk mempelajari Update Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK 2018-2019 Proktor Madrash bisa mengunduh file nya di bawah ini.

  1. Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Fromat Pdf
  2. Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Fromat Doc

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Update Panduan Proktor Madrasah Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK 2018-2019"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel