Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Kristen dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini

Fokus modul ini adalah analisis kompetensi, SKL, KI dan KD yang dimulai dari pengembangan indikator, pengembangan materi pembelajaran termasuk integrasi muatan lokal dan aktualiasasi mata pelajaran dalam kegiatan  kepramukaan, serta pembelajaran dan penilaian terkait dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.

Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Kristen dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018


Modul ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:

1.    Unit 1: Analisis Dokumen: SKL, KI-KD, dan Silabus
Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajaran dan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD)serta dapat mengembangkan nilai-nilai karakter terkait dengan olah hati, olah pikir, olah rasa dan karsa, serta olah raga yang dapat meningkatkan keterampilan Abad

21 terkait dengan keterampialn berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Commnication Skills). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.

2.    Unit 2: Analisis Materi Pembelajaran

Membahas tentang langkah-langkah penjabaran materi pembelajaran berdasarkan hasil analisis dalam Unit 1, sehingga guru dapat menganalisis merancang materi pembelajaran sesuai dengan materi pokok (dalam KD). Selain itu dalam bagian ini dibahas tentang bagaimana guru dapat mengembangkan materi yang berkaitan dengan muatan lokal sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan potensi daerah masing- masing, materi yang dapat diaktualisasikan dalam kegiatan kepramukaan, serta materi- materi yang dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan tingkat  tinggi (Higher Order Thinking Skills) sehingga peserta didik dapat kemandirian dan memiliki integritas.

Dalam unit ini juga dibahas tentang analisis materi dalam buku teks, sehingga guru dapat memilih atau memilah materi-materi mana yang merupakan materi esensial, materi untuk pengayaan, atau materi yang berkaitan dengan muatan lokal atau HOTS (jika ada).
Hasil analisis materi disusun menjadi bahan ajar sebagai lampiran RPP.

3.    Unit 3: Analisis Penerapan Model Pembelajaran

Membahas tentang karakteristik dan prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaranyang dapat meningkatkan penguasaan terhadap literasi dan meningkatkan keterampilan Abad 21 dalam kehidupan, baik di dalam maupun di luar kelas/sekolah. Selain itu dibahas juga tentang pemilihan model yang cocok dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik atau kondisi kelas, serta contoh kegiatan pembelajarannya.

4.    Unit 4: Analisis Penilaian Hasil Belajar
Bagian ini membahas tentang proses penilaian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar peserta didik pada bagian ini bertujuan untuk memperbaiki kompetensi peserta didik dalam suatu pembelajarandan memperbaiki perilaku (sikap) peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran, sehingga guru dapat menyusun program remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya.

Pada setiap unit juga diberikan contoh yang memungkinkan Anda dapat menganalisis dan menerapakan hasil analisis tersebut dalam menyusun rencana dan pelaksanaan pembelajaran. Untuk lebih memahami materi dalam modul ini, pada akhir setiap unit Anda dianjurkan untuk mengerjakan tugas dan memberikan tanggapan atau refleksi tentang pemahaman dan pengalaman yang diperoleh dalam setiap kegiatan

ANALISIS DOKUMEN SKL, KI-KD, DAN SILABUS

A. URAIAN SINGKAT MATERI
1. Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Pembelajaran
 
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik  pada setiap  tingkat  kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan,  dan  keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran  atau  program  dalam  mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh;
  • Mensyukuri   karunia   Allah   melalui   kebersamaan   dengan   orang   lain  tanpa kehilangan    identitas
  • Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
  • Menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
  • Membuat  proyek  mengenai  kebersamaan  dengan orang  lain tanpa kehilangan identitas
  1. Standar  Kompetensi  Lulusan  adalah  muara  utama  pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  2. Kompetensi Inti merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  3. Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu  pada Kompetensi inti.
  4. Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar di bawah ini.

Keterkaitan antara SKL, KI,KD,Pembelajaran dan Penilaian
  • Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran
  • Kompetensi Inti (KI-1 dan KI-2) memberikan arah tingkat kompetensi spiritual dan sosial yang diajarkan dan diteladankan untuk dimiliki oleh peserta didik.
  • Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
  • Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
  • Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  • Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus dan RPP
Untuk lebih jelasnya bapak ibu guru bisa mengunduh file Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Kristen dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 di bawah ini, yang sudah admin kurikulum sediakan, semoga dengan adanya modul ini bisa membantu bapak ibu pengajar.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Kristen dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel