Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Katolik dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini

RASIONAL MODUL

Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]). PPK mengedepankan nilai-nilai utama karakter antara lain religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas.
 
Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Katolik dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini

Penguatan nilai karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti  keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).


TUJUAN MODUL

Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.

Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.

Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas  pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran Fisika.

Meningkatkan kecakapan instruktur Bimtek Kurikulum 2013 dalam menyelengarakan Bimtek Kurikulum 2013 di wilayah tugas masing-masing.



HASIL YANG DIHARAPKAN

Guru memiliki keterampilan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.

Guru mampu memfasiltasi pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.

Guru memiliki kecakapan dalam mengembangkan program/aktivitas  pembelajaran yang mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk pembelajaran.



ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran berbasis aktivitas dengan karakteristik antara lain; 
  • interaktif dan inspiratif; menyenangkan,
  • menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif; dan
  • kontekstual dan kolaboratif;

Pembelajaran tersebut menerapkan prinsip pembelajaran antara lain;
  • peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar
  • proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
  • pembelajaran berbasis kompetensi;
  • peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills; dan
  • pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;

Melalui kegiatan berliterasi mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dan keterampilan berpikir tingkat tinggi.



Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bertujuan mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat.

Setiap mata pelajaran terkait dengan kompetensi dan konteks yang dapat memacu peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir dari yang sederhana (LOTS) menuju proses berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Kegiatan pembelajaran harus ada perubahan, dari kapasitas LOTS yang banyak sedikit demi sedikit menajdi kapasitas HOTS, sehingga pada akhirnya kapasitas HOTS menjadi karakter peserta didik.

Melalui pembelajaran pada akhirnya harus dapat mengahasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten dan literat untuk siap menhadapi tantangan Abad 21.




KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan berbasis keilmuan
  • pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah
  • menekankan pada proses pencarian pengetahuan, berkenaan dengan materi pembelajaran melalui pengalaman belajar dengan mengintegrasikan nilai karakter melalui kegiatan berliterasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi
  • Kegiatan Pembelajaran dilakukan melalui tahapan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup

  1. Kegiatan Pendahuluan,  antara lain; 1) mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan; 2) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan 3) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. ( Penguatan nilai karakter berbasis budaya sekolah)
  2. Kegiatan Inti, antara lain 1) menggunakan pembelajaran berbasis keilmuan dan berbasis aktivitas, dan 2) memfasilitasi peserta didik untuk melakukan aktivitas yang membangun kemampuan sesuai dengan tuntutan kompetensi ( Penguatan nilai karakter berbasis kelas)
  3. Kegiatan Penutup;
    1. kegiatan peserta didik; membuat rangkuman/simpulan pelajaranmelakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, 
    2. kegiatan guru: melakukan penilaian; merencanakan kegiatan tindak lanjut, dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
    3. Pemberian tugas tidak harus selalu berupa soal, tetapi merupakan kegiatan pembelajaran dengan mengimplementasikan penguatan nilai karakter berbasis masyarakat.
Demikian uraian singkat tentang Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Katolik dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini yang bisa kurikulum sampaikan.

Untuk mengunduh persi lengkapnya bapak ibu guru pengajar bisa melihat di bawah ini yang sudah admin sediakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Update Modul Pelatihan Pendidikan Agama Katolik dan BP Kurikulum 2013 SMA Tahun ini"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel