UpDate Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD

Pendidikan anak usia dini dari tahun ke tahun melalui proses perkembangan yang sangat drastis setidaknya jika pahami dari perkembangan jumlah sekolah pendidikan anak usia dini yang usulkan oleh masyarakat. Pos pendidikan anak usia dini adalah salah satu contoh pendidikan anak usia dini yang dijalankan oleh masyarakat. Dari hasil sensus online ditahun ini jumlah sekolah pendidikan anak usia dini sejenis (SPS) yang didalamnya termasuk pos PAUD yang sudah terdata adalah….lembaga. 

UpDate Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD

Pos PAUD adalah bentuk layanan PAUD yang melaksanakannya dapat terkonsolidasi dengan fasilitas Bina Keluarga Balita (BKB) dan/atau posyandu bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 4 tahun. Pos PAUD adalah salah satu contoh PAUD yang dijalankan melalui pendekatan holistik-integratif yang setidaknya menekankan aspek pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, kesehjahteraan dan pelindungan.

Sebagai cara untuk meningkatkan hasil layanan dan pengelolaan Pos PAUD, pemerintah mengeluarkan “Update Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD”. Petunjuk ini diharapkan bisa untuk acuan bagi masyarakat, apa, mengapa, dan bagaimana Membuat Taman Penitipan Anak.

Petunjuk teknis ini diantaranya adalah; pertama awalan yang meliputi latar belakang, landasan, pengertian, tujuan dan ruang lingkup; kedua pendirian Pos PAUD yang meliputi pendiri, syarat pendirian, tata cara pendirian, masa berlaku izin, rujukan pendirian; ketiga penyelenggaraan taman kanak-kanak meliputi prinsip penyelenggaraan Pos PAUD, komponen penyelenggaraan, deteksi dini tumbuh kembang anak, dan keempat evaluasi program, pelaporan dan pembinaan.

Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, yang disebut Standar PAUD ialah kualifikasi tentang pelaksanaan dan penyelenggaraan PAUD diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidiikan anak usia dini, Standard PAUD merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Standard PAUD menjadi rujukan dalam pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum PAUD. Standard PAUD terdiri atas :

  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA); STPPA adalah rujukan buat menjalankan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam menjalankan dan melaksanakan pendidikan anak usia dini STPPA merupakan rujukan yang dipakai dalam pengembangan kurikulum PAUD STTPA adalah ciri-ciri tentang keahlian yang digapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, serta seni.
  2. Standar Isi; Standar Isi ialah ciri ciri tentang ruang materi dan kompetensi menuju tingkat target perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak. mencakup aplikasi pengembangan yang disajikan dalam bentuk tema dan sub tema
  3. Standar Proses; Standar Proses ialah kualifikasi yang berhubungan dengan jalannya pembelajaran pada satuan atau program PAUD dalam rangka membantu pemenuhan tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak.
  4. Standar Penilaian; Standar Penilaian Ialah Kualifikasi untuk penilaian proses dan hasil pemebelajaran dalam rangka mengetahui tingkat capainya yang sesuai dengan tingkat usia anak.
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Pendidik dan Tenaga Pengajar Kependidikan ialah kualifikasi untuk akademik dan keahlian yang sebagai syarat bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.
  6. Standar Sarana dan Prasarana; Standar Sarana dan Prasarana ialah kualifikasi untuk syarat dukungan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan anak usia dini secara holistik dan integratif yang memanfaatkan potensi lokal
Untu penjelasannya bisa bapajk ibu guru dilihat di Permen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 Tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 

Selengkapnya, bagi para guru yang tidak mempunyai UpDate Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

UpDate Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UpDate Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel