Update 10 Modul SIM PKB Guru Pembelajar SD Kelas Bawah/Awal A-J Edisi Revisi 2017

Update 10 Modul SIM PKB Guru Pembelajar SD Kelas Bawah/Awal Edisi Revisi 2017-Hingga sekarang, guru masih menjadi sumber belajar utama para peserta didik terutama di sekolah. Kompetensi guru dalam mengajar tentunya akan berdampak pada pembelajaran di kelas. Guru yang memiliki kompetensi yang baik akan memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan dan tepat sesuai bidang yang diampunya. Pembelajaran yang menyenangkan dan tepat sasaran akan membuat peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Selain itu, peserta didik dapat menerapkan pelajaran yang diterimanya dalam kehidupan sehari-hari. 

Update 10 Modul SIM PKB Guru Pembelajar SD Kelas Bawah/Awal Edisi Revisi 2017

Untuk meningkatkan kompetensi guru, Kemdikbud melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Program ini diadakan untuk menindaklanjuti hasil UKG tahun 2015 lalu. Dengan program ini, diharapkan guru-guru memiliki kompetensi dalam bidang pedagogik dan profesional sesuai mata pelajaran yang diampu. Guru-guru yang dapat mengikuti Program PKB ini adalah guru-guru yang mendapatkan nilai di bawah KCM (65) pada 3-10 kelompok kompetensi. Program PKB ini dilaksanakan dengan tiga moda pelatihan, yaitu Moda tatap muka, Moda daring (online), dan Moda daring kombinasi (kombinasi tatap muka dan online).

Agar peserta Program PKB 2017 dapat belajar secara mandiri dan aktif, Kemdikbud mengeluarkan modul PKB edisi revisi 2017. Modul PKB revisi ini terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter dan penilaian berbasis kelas. Materi yang disampaikan dalam modul PKB ini meliputi kompetensi pedagogik dan profesional. Modul PKB ini merupakan bahan bacaan wajib yang dapat diunduh oleh peserta Program PKB dalam format pdf. Kemdikbud mengeluarkan modul PKB edisi revisi untuk guru SD kelas awal (kelas 1, 2, dan 3 SD) yang terdiri dari 10 kelompok kompetensi (KK). Berikut daftar modul PKB revisi 2017 jenjang SD kelas awal beserta materi pedagogik dan profesional yang dikembangkan.

Modul SIM PKB Guru Pembelajar 2017 Kelas Bawah/Awal Kelompok Kompetensi A (KK-A), KK-B, KK-C, KK-D, KK-E, KK-F, KK-G, KK-H, KK-I, dan KK-J Edisi Revisi 2017 untuk Bahan Belajar Guru SD Kelas 1, 2, dan 3_Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Mulai tahun 2017 tahun pelajaran 2017/2018, SIM Guru Pembelajar Online (GPO) diganti dengan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang disingkat menjadi SIM PKB.

Upaya untuk mensuport terwujutnya suatuhasil pelatihan diklat, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 melakukan peninjauan, memperbaiki, dan mengembangkan modul paska UKG 2015 yang berintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipahami oleh peserta selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. untuk download Modul SIM PKB Guru Pembelajar Kelas Awal/Bawah Edisi Revisi Terbaru 2017 pada peserta diklat dapat mendownload melalui link-link yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Update 10 Modul SIM PKB Guru Pembelajar SD Kelas Bawah/Awal A-J Edisi Revisi 2017


Semua Guru mempunyai kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Buat mensuport peningkatan pemahaman dan keahlian tersebut, maka peningkatan modul untuk peningkatan keprofesian berkelanjutan yang berisi topik-topik penting.

Adanya modul ini memberikan peluang kepada paraguru buat belajar lebih mandiri dan aktif. Modul ini juga digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan diklat tatap muka langsung atau tatap muka kombinasi (in-on-in). Modul SIM PKB Guru Peningkatan Kelas Bawah/Awal Edisi Revisi 2017 tersebut adalah dokumen mutlak untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Modul peningkatan keahlian berkelanjutan adalah modul untuk keahlian guru pada Kelompok Kompetensi A (KK A). Materi modul ditingkatkan atas dasar Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, kompetensi Pedagogik yang pertama dan keenam yaitu tentang Prilaku Peserta Didik dan Peningkatan Potensi Peserta Didik. Kemampuan paraguru untuk rumusan dan implementasi dari kedua keahlian inti ini untukmembekali paraguru menuju peserta didik secara percaya diri memperoleh pencapaian terbaik guru sesuai dengan karakteristiknya. Oleh Karena itu, keahlian yang dimiliki seluruh peserta didik dapat terwujud dalam bentuk prestasi yang beragam secara optimal. Mengingat peserta didik ialah subjek yang akan dibelajarkan paraguru harus termotivasi, bekerja keras, dan kreatif untuk mengenal karakteristik dan potensi peserta didik serta cara pengembangannya.

Pada beberapa komponen modul yang relevan telah diintegrasikan beberapa nilai karakter bangsa, baik secara eksplisit maupun implisit. Berdasarkan partikularitas materi modul yang mempelajari tentang aspek kognitif dan non-kognitif peserta didik, ruang lingkup kajian materi modul ini sejatinya dapat memfasilitasi penguatan sebagian besar nilai-nilai karakter yang diusung dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Update 10 Modul SIM PKB Guru Pembelajar SD Kelas Bawah/Awal A-J Edisi Revisi 2017"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel