UpDate Kumpulan Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017

UpDate Koleksi Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017- Buku ini diperuntukan alat panduan sarana pembelajaran untuk memudahkan murid-murid untuk menguasai keahlian tertentu tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirumuskan dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar murid dapat mempelajari sesuatu yang nyata dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku murid untuk pedoman agar murid lebih aktip dan kreatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dialurkan sebagai berikut.

UpDate Kumpulan Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017


UpDate Kumpulan Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017


Petunjuk bagi Murid dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Belajar Mengajar
Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada watu akhir pendidikan ada bagian yang memerlukan campurtangan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerjasama dengan Orang Tua”. Supaya orang tua wali murid ikutserta dalam mendukung murid dalam meningkatkan pemahaman murid pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

Penilaian dan Portofolio
Dalam Buku murid mempunyai halaman-halaman berisi form yang dapat dipakai sebagai lembar kerja untuk dikumpulkan sebagai bahan profil yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

Media Komunikasi antara Guru dan Siswa 
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi murid semua rekam jejak pembelajaran tersebut menguntungkan sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.

Kedudukan dan Fungsi Buku Guru
Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

A. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  1. Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
B. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan alat belajar mengajar yang dapat dipakai dalam melaksanakan proses pembelajaran agar paraguru sudah menyiapkan alat-alat pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menerangkat tentang cara dan perangkat penilaian yang dapat dipakai dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
C. Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran
Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

Dalam kesempatan kali ini kurikulum pendidikan akan berusaha memberikan atau membagikan lingk tautan untuk UpDate Koleksi Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017, mudah mudahan bermanfaat bagi para guruku tercinta yang ada di mana saja.

Untuk mempersingkat waktu mari kita simpak ling tautan UpDate Koleksi Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017, yang ada di bawah ini.

UpDate Buku Guru Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017

  1. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Buddha_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  2. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Hindu_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  3. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Islam_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  4. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Katolik_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  5. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Khonghucu_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  6. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Kristen_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017
  7. Kelas_02_SD_Tematik_1_Hidup_Rukun_Guru_2017
  8. Kelas_02_SD_Tematik_2_Bermain_di_Lingkunganku_Guru_2017
  9. Kelas_02_SD_Tematik_3_Tugasku_Sehari-hari_Guru_2017
  10. Kelas_02_SD_Tematik_4_Hidup_Bersih_dan_Sehat_Guru_2017
  11. Kelas_02_SD_Tematik_5_Pengalamanku_Guru_2017
  12. Kelas_02_SD_Tematik_6_Merawat_Hewan_dan_Tumbuhan_Guru_2017
  13. Kelas_02_SD_Tematik_7_Kebersamaan_Guru_2017


UpDate Buku Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017

  1. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Buddha_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017
  2. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Hindu_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017
  3. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Islam_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017
  4. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Katolik_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017
  5. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_KhonghucudanBudi_Pekerti_Siswa_2017
  6. Kelas_02_SD_Pendidikan_Agama_Kristen_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017
  7. Kelas_02_SD_Tematik_1_Hidup_Rukun_Siswa_2017
  8. Kelas_02_SD_Tematik_2_Bermain_di_Lingkunganku_Siswa_2017
  9. Kelas_02_SD_Tematik_3_Tugasku_Sehari-hari_Siswa_2017
  10. Kelas_02_SD_Tematik_4_Hidup_Bersih_dan_Sehat_Siswa_2017
  11. Kelas_02_SD_Tematik_5_Pengalamanku_Siswa_2017
  12. Kelas_02_SD_Tematik_6_Merawat_Hewan_dan_Tumbuhan_Siswa_2017
  13. Kelas_02_SD_Tematik_7_Kebersamaan_Siswa_2017
  14. Kelas_02_SD_Tematik_8_Keselamatan_di RumahdanPerjalananSiswa_2017

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UpDate Kumpulan Buku Guru dan Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Pendidikan 2013 Edisi Revisi 2017"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel