Upaya Para Guru yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah


Kualitas pendidikan yang ada di sekolah berdampak pada proses belajar mengajar yang dilakukan guru kepada siswa. Pada dasarnya setiap sekolah memiliki visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai. Untuk mencapainya  tentu diperlukan kualitas pendidikan yang baik pula. Kemudian, bagaimana cara meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang tepat agar menghasilkan anak didik yang berilmu dan berakhlak mulia?

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah sebenarnya peran utama dipegang oleh guru. Mengingat semua ilmu pengetahuan yang ada di sekolah diajarkan oleh guru kepada para siswa. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan kerja sama antara guru, siswa, orang tua, dan juga masyarakat. Berikut ini upaya yang harus dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah.

upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah

Upaya yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah

Mengatur Manajemen Sekolah

Untuk memiliki kualitas pendidikan yang baik tentunya diperlukan manajemen sekolah yang baik pula. Biasanya sebuah lembaga sekolah memiliki kepengurusan sekolah yang bertugas mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan manajemen sekolah. Kepengurusan sekolah terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala, sekretaris, bendahara, bidang saran dan prasarana, bidang kurikulum, bidang keamanan, bidang konseling, dan sebagainya. 

Semua bagian dalam kepengurusan sekolah ini harus bekerjasama dan menjalankan fungsinya dengan baik agar tercipta manajemen sekolah yang sebagaimana mestinya. Semua bagian dalam kepengurusan harus bertanggung jawab dan melaksanakan tugas yang diembannya dengan benar agar sekolah bisa terorganisir dengan baik.

Meningkatkan Kedisiplinan

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan kedisiplinan. Dalam sebuah lembaga atau organisasi, kedisiplinan merupakan modal penting yang harus dilakukan. Untuk di lembaga sekolah sendiri, semua pihak harus disiplin, baik itu tenaga pendidik maupun peserta didik. Dalam menjaga kedisiplinan setiap pihak di sekolah, maka diperlukan absensi. Absensi ini harus ada absensi siswa dan juga absensi murid, agar semuanya bisa lebih disiplin guna peningkatan kualitas pendidikan.

Guru Profesional

Memiliki guru profesional juga menjadi hal yang melatarbelakangi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Seperti yang telah diketahui, bahwa kualitas pendidikan di sekolah tentu saja dipengaruhi oleh guru sebagai tenaga pengajarnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah harus memiliki guru profesional di bidangnya, sehingga mampu menggali kemampuan yang dimiliki oleh para siswa.

Jika sekolah merekrut guru yang tidak pada bidangnya maka akan memberi dampak buruk terhadap kualitas pendidikan itu sendiri. Bisa saja siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Selain itu, kualitas sumber daya siswa juga bisa menurun jika guru yang mengajar tidak pada bidangnya.

 

Media dan Metode Mengajar yang Relevan

Pada dasarnya keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh media dan metode pembelajaran yang digunakan juga, selain faktor pendidik dan materi ajar. Saat ini sudah ada internet sebagai sumber informasi yang cepat dan efektif. Untuk mendapatkan informasi tentang media dan metode mengajar yang tepat para tenaga pendidik bisa memanfaatkan internet. 

Dengan metode dan media yang tepat maka siswa bisa menangkap pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik. Selain itu, pembelajaran di kelas juga menjadi lebih menyenangkan dan anak tidak merasa jenuh, karena menggunakan berbagai media dan metode yang bervariasi. 

Sedangkan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang terakhir adalah selalu melakukan evaluasi bulanan terkait  program-program yang direncanakan. Apakah berbagai masalah yang muncul sudah terselesaikan ataukah belum. Jika belum maka segera dicari jalan keluar terbaiknya, agar kualitas pendidikan di sekolah terus meningkat.

0 Response to "Upaya Para Guru yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel