Manfaat Full Day School untuk Guru dan Siswa di Indonesia


Mendapatkan pendidikan merupakan hak seluruh warga negara di Indonesia. Dengan mendapatkan pendidikan ini maka diharapkan akan ikut serta membangun negara agar lebih baik lagi. Di Indonesia sendiri, proses pendidikan sering sekali mengalami perubahan, baik itu kurikulumnya maupun sistem yang digunakan. Saat ini muncul sistem pembelajaran baru, yakni full day school. Sebenarnya banyak manfaat full day school yang akan didapatkan guru dan juga siswa. 

Full day school merupakan sistem pendidikan full day yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Full day school ini terdapat di Permendikbud Nomor 23 tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Bagi sekolah yang sudah menerapkan full day school maka akan siswa akan berada di sekolah satu hari penuh namun hanya lima hari kerja. Para siswa dan guru akan mendapatkan libur dua hari seperti pekerja kantoran. Namun, belum semua sekolah menerapkan sistem ini karena disesuaikan dengan keadaan wilayah.

Manfaat Full Day School untuk Guru dan Siswa di Indonesia

Manfaat Full Day School untuk Guru dan Siswa di Indonesia

Membentuk Karakter Siswa

Dengan menerapkan sistem full day school maka siswa akan berada selama delapan jam di sekolah. Dengan cara ini maka guru bisa memantai perilaku dan aktivitas siswa dengan mudah. Selain itu, perilaku siswa juga bisa lebih dikontrol oleh guru, sehingga kemungkinan terkena pengaruh dari dunia luar yang kurang baik bisa dihindari. 

Mengingat saat ini perilaku dan karakter siswa menjadi hal yang paling ditonjolkan, sehingga full day school merupakan jawaban untuk mendidik siswa agar berperilaku lebih baik. Seperti yang telah diketahui bahwa banyak sekali efek buruk lingkungan luar yang bisa berpengaruh terhadap perilaku siswa. Dengan full day school ini maka siswa akan memiliki karakter yang kuat dalam berperilaku baik.

Waktu Belajar Lebih Lama

Manfaat full day school yang berikutnya adalah waktu belajar peserta didik yang lebih lama. Full day school memiliki waktu belajar selama delapan jam di sekolah. Tentu saja waktu belajar ini jauh lebih lama jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran yang dahulu. Waktu belajar yang lebih lama memiliki berbagai manfaat positif untuk siswa, seperti pelajaran bisa terserap lebih baik, siswa lebih memahami materi, dan kemampuan siswa lebih terasah. 

Sedangkan guru juga lebih mudah menyampaikan materi, karena tidak takut kehabisan waktu. Biasanya mendekati UAS atau UTS banyak guru yang menyelesaikan materi pelajaran dengan cepat, karena waktu yang tidak mencukupi. Akhirnya siswa tidak menguasai materi tersebut dengan baik.

Memudahkan Siswa Mengerjakan PR

Manfaat full day school yang berikutnya yakni siswa lebih mudah dalam mengerjakan PR. Jika sistem pendidikan yang dulu, PR atau pekerjaan rumah dikerjakan di rumah, berbeda dengan full day school. Walaupun disebut dengan PR, namun tetap dikerjakan di sekolah bersama dengan guru. Dengan cara ini maka siswa lebih mudah dalam mengerjakannya, karena jika terjadi kesulitan bisa menanyakannya secara langsung kepada guru yang mengampu mata pelajaran tersebut.

Waktu Bersama Keluarga Lebih Efisien

Manfaat full day school yang selanjutnya adalah menjadikan waktu bersama keluarga lebih efisien. Karena siswa sudah belajar di sekolah dalam kurun waktu yang lama, maka di rumah tidak perlu lagi berpikir tentang mata pelajaran yang menyulitkan. Para siswa hanya perlu mengulang kembali pelajaran yang tadi diperolehnya di sekolah agar lebih menguasai. Hal ini menjadikan waktu berkumpul bersama anggota keluarga lebih efisien. Waktu berkumpul bersama keluarga juga merupakan salah satu hal penting yang akan membentuk karakter siswa tersebut.

0 Response to "Manfaat Full Day School untuk Guru dan Siswa di Indonesia"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel