Dilema Guru Terhadap Implementasi Kurikulum yang Memerlukan Kesiapan


Kurikulum 2013 telah serentak dilakukan di sebagian besar sekolah di Indonesia. Langkah pemerintah dalam mengubah kurikulum menjadi K-13 ini perlu disertakan dengan sarana dan prasarana yang berguna untuk proses pembelajaran di sekolah. Salah satunya adalah ketersediaan buku dan kemampuan guru dalam implementasikurikulum baru ini. 

Dilema Guru Terhadap Implementasi Kurikulum yang Memerlukan Kesiapan

Selain itu, sebaiknya juga disediakan saran penunjang belajar siswa seperti penambahan ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas perpustakaan. Hal itu perlu dipersiapkan hingga matang, karena pada tahun 2019 nanti sudah ditargetkan untuk semua sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum ini. Pergantian kurikulum ini menjadi tugas bagi para pakar pendidik untuk menyampaikannya kepada peserta didik.

Guru Sebagai Pakar Pendidik Menjadi Peran Penting Dalam Implementasi Kurikulum


Kurikulum Menjadi Pedoman Dalam Pendidikan

Pembelajaran menjadi suatu proses yang sistematis antara guru dan murid dalam mencapai satu tujuan. Kurikulum ini berperan sangat penting untuk proses pembelajaran tersebut. Kurikulum sudah menjadi patokan dan pedoman bagi para guru untuk melaksanakan pembelajaran yang sistematis dan terencana. 

Namun jika kurikulum yang digunakan masih belum beraturan dan masih banyak pakar pendidik yang belum dapat memahami secara penuh kurikulum tersebut, bukan tidak mungkin jika proses pembelajaran pun menjadi tidak beraturan. 

Kurikulum baru dibuat pastinya dengan tujuan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah lama dan tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Sehingga dengan adanya perkembangan zaman yang semakin pesat ini, Indonesia pun dapat mengikutinya. Perubahan kurikulum sebaiknya juga dibarengi dengan persiapan yang matang sehingga penerapan kurikulum dalam berjalan dengan lancar.

Tujuan Umum Pelatihan Implementasi K-13

tujuan umum diadakannya kegiatan pelatihan implementasi ini ditujukan kepada para guru, kepala sekolah, serta pengawas sekolah. bagi para guru, setelah adanya pelatihan penerapan kurikulum 2013 ini diharapkan guru mampu melaksanakan tugasnya sesua dengan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, serta penilaian.

lalu untuk kepala sekolah sendiri diharapkan mampu untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki secara maksimal untuk menjamin terlaksananya penerapan kurikulum 2013 ini. setelah pelatihan, maka kepala sekolah harus dapat mengarahkan para guru dengan baik dan profesional.

sedangkan pengawas sekolah mengikuti kegiatan pelatihan penerapan k-13 tersebut dengan harapan mampu memberikan bantuan teknis dengan lebih baik kepada sekolah pada saat menghadapi hambatan yang terjadi saat implementasikurikulum 2013.

Guru Sebagai Pendidik Profesional

Guru sebagai orang penting agar kurikulum sekolah dapat berjalan dengan lancar. Telah disebutkan dalam undang-undang nomor 14 2005 pasal 1 ayat 1 yang berisi mengenai peran guru adalah pendidik profesional yang tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Tiga sikap yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru, yakni sebagai pelaksanaan kurikulum yang mengandalkan materi pada buku pelajaran untuk menerapkan kurikulum tersebut. Lalu guru juga sebagai pengembang kurikulum yang mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan, kondisi, dan situasi siswa. Yang terakhir yaitu guru sebagai kurikulum itu sendiri yang tidak hanya menyampaikan materi, namun juga membentuk karakter siswa.

Implementasi kurikulum sebaiknya dapat diterapkan dengan baik oleh pakar pendidik agar bisa tersampaikan dengan sempurna kepada peserta didik. Untuk membuat suatu kurikulum sebaiknya pemerintah juga menyiapkan peraturan dan kebijakan teknik yang jelas sehingga para pelaksana dapat menjalankan kurikulum tersebut dengan sempurna.

Di daerah yang terbelakang masih kurang sosialisasi dari pemerintah sehingga penerapan kurikulum belum dapat berjalan dengan baik. Sehingga sosialisasi juga harus dilaksanakan di beberapa daerah dan bukan hanya di perkotaan saja agar implementasi kurikulum tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dilema Guru Terhadap Implementasi Kurikulum yang Memerlukan Kesiapan"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel