Ciri-Ciri Sekolah Unggulan di Indonesia, Sudahkah Sekolah Anda Memilikinya?

Sekolah merupakan tempat pendidikan formal yang ditempuh oleh peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupannya kelak. Ada berbagai jenis sekolah yang ada di Indonesia. Dari berbagai sekolah tersebut ternyata ada yang disebut sebagai sekolah unggulan. Sebenarnya seperti apakah sekolahunggulan di Indonesia tersebut. Apakah sekolah yang Anda miliki sudah termasuk sebagai sekolah unggulan?

Sebenarnya untuk menjadi sebuah sekolah unggulan tidaklah sulit, yang terpenting adalah mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didiknya. Mengingat sekolah merupakan tempat yang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam hal ini potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik juga berbeda-beda, sehingga sekolah harus memiliki sarana prasarana dan pembimbing yang baik.

Ciri-Ciri Sekolah Unggulan di Indonesia, Sudahkah Sekolah Anda Memilikinya

Ciri-Ciri Sekolah Unggulandi Indonesia, Sudahkah Sekolah Anda Memilikinya?

Masuk Sekolah Tanpa Seleksi

Banyak orang mengira bahwa sekolah unggulan adalah sekolah yang menerapkan sistem seleksi awal masuk terhadap semua calon peserta didiknya. Baik itu, seleksi menulis, membaca, menghitung, nilai, dan seleksi akademik lainnya. Seleksi tersebut biasanya akan menjadi tolak ukur diterima atau ditolaknya siswa tersebut. Jika memenuhi persyaratan yang ditetapkan maka akan diterima sebagai siswa sekolah tersebut.

Ternyata sekolah unggulan yang sebenarnya tidak melakukan sistem seleksi namun hanya melakukan pemetaan. Pemetaan ini bisa dilakukan dengan tes menulis, membaca, dan berhitung. Setelah mendapatkan hasilnya maka akan dibagi ke dalam kelas-kelas agar tercapai keseimbangan. Di dalam suatu kelas akan ada siswa dengan berbagai macam kemampuan yang berbeda.

Menerima Siswa dengan Berbagai Karakter

Selain tidak menggunakan seleksi awal masuk, sekolah unggulan di Indonesia juga akan menerima siswa dengan berbagai macam karakter. Seperti yang telah diketahui, bahwa manusia diciptakan dengan berbagai macam watak dan karakter  yang berbeda-beda. Sekolah unggulan memiliki prinsip memanusiakan manusia, yang artinya akan menerima semua keterbatasan yang dimiliki oleh semua siswanya.

Dibalik keterbatasan yang dimiliki oleh seorang siswa biasanya terdapat keunggulan tersendiri. Di sinilah tugas sekolah unggulan untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswanya dengan memahami segala kekurangan yang dimiliki. 

Mendahulukan Nilai-Nilai Akhlak

Ciri sekolah unggulan di Indonesia yang selanjutnya adalah selalu mendahulukan nilai-nilai akhlak. Banyak juga orang yang mengira bahwa sekolah unggulan adalah sekolah yang elite, gedung yang megah, dan biayanya mahal. Ternyata sekolah unggulan adalah sekolah yang selalu mendahulukan nilai-nilai akhlak agar para siswa menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia.

Apabila sekolah selalu mendahulukan nilai-nilai akhlak, maka para siswa akan memiliki akhlak yang baik kepada gurunya. Masa depan anak didik juga lebih cerah jika diiringi dengan akhlak yang mulia seperti keinginan orang tua menyekolahkan anaknya. Dengan kata lain sekolah seperti ini juga bisa disebut sebagai sekolah karakter.

Mampu Mensejahterakan Gurunya

Guru merupakan ujung tombak dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya jasa dari seorang guru, maka sistem pendidikan yang sudah dirancang sedemikian rupa tidak akan berarti apapun. Karena begitu pentingnya peran seorang guru, maka kesejahteraan guru merupakan hal yang diutamakan oleh sekolah unggulan. Fenomena yang terjadi banyak guru yang keluar masuk di sekolah tertentu. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian sekolah terhadap kesejahteraan guru tersebut.

Sebagai sekolah unggulan di Indonesia sudah sepatutnya memperhatikan kesejahteraan guru. Mengingat kesejahteraan guru juga akan berdampak pada kualitas sekolah tersebut, seperti tercapainya visi dan misi sekolah dengan adanya dukungan penuh dari semua guru yang ada di sekolah.

0 Response to "Ciri-Ciri Sekolah Unggulan di Indonesia, Sudahkah Sekolah Anda Memilikinya? "

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel