Alasan Kurikulum Pendidikan Selalu Berubah Dari Masa Ke Masa


Kurikulum merupakan hal penting sebagai penopang pendidikan. Pasti masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak asing dengan sebuah kurikulum. Bagaimana tidak? Sebagian masyarakat sudah mengalami kurikulum pendidikan selaluberubah

Bahkan banyak anggapan bahwa dengan bergantinya menteri pendidikan pasti juga akan ada kurikulum yang berubah. Pemerintah membuat atau mengubah suatu kurikulum pasti lah ada alasannya. 

Alasan Kurikulum Pendidikan Selalu Berubah Dari Masa Ke Masa

Kurikulum digunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, kurikulum sebaiknya disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di dunia ini. Agar bisa bersaing dengan pendidikan di negara lainnya, maka pemerintah selalu memberlakukan peraturan baru mengenai perubahan kurikulum ini.

Telah disadari bahwa perkembangan yang bersifat global akan membuat persaingan mutu pendidikan lebih ketat. Maka berikut ini alasan yang menyebabkan perubahan kurikulum di Indonesia.

Faktor Penyebab Kurikulum Pendidikan Selalu Berubah

Perkembangan Zaman


Dalam dunia pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali berganti kurikulum sejak kurikulum tahun 1947 hingga yang terakhir adalah kurikulum 2013. Zaman yang selalu mengalami kemajuan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurikulumpendidikan selalu berubah.

Perubahan akan selalu ada dan terjadi terus menerus, maka ini menjadi suatu tuntutan yang harus dicapai Indonesia agar terus bisa mengikuti perkembangan zaman. Dalam hal ini, kurikulum berperan penting dalam penyempurnaan pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan begitu, negara dapat mencapai tujuan dalam menciptakan keberhasilan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


Teknologi memberikan dampak yang besar terhadap beberapa aspek kehidupan, tidak terkecuali terhadap teknologi. Pada dasarnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan oleh manusia masih sangat sederhana. Namun beberapa tahun kemudian perkembangan IPTEK itu semakin pesat. 

Karena perkembangan teknologi tersebut, pastinya ilmu pengetahuan pun juga akan berkembang karena semakin mudahnya akses untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui teknologi yang sedang berkembang saat ini. Ilmu pengetahuan berkembang di beberapa cabang ilmu. 

Akan lebih mudah untuk menemukan teori-teori dan metode baru dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum baru akan memuat satuan pendidikan yang akan mengubah strategi pelaksanaan sistem pendidikan.
 
Sekarang ini, akal manusia sudah mampu berpikir menjangkau hal-hal yang mustahil. Teknologi informasi lah yang membuat manusia lebih mudah untuk mendapatkan ilmu-ilmu tersebut sehingga dapat menerapkan teori-teori tersebut di kehidupan nyata.
Pada zaman ini lebih diperlukan masyarakat yang memiliki pengetahuan yang luas dengan proses pembelajaran yang sudah dilaluinya sepanjang hidupnya.

Pertumbuhan Penduduk


Kurikulum menjadi pendekatan yang baik untuk kegiatan belajar dan mengajar siswa. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi maka bertambah pula orang yang membutuhkan pendidikan. Hal ini mengharuskan negara untuk mengubah cara pendekatan dalam belajar siswa. 

Maka dari itu, pemerintah selalu mengubah dan mengkaji kurikulum yang ada apakah sudah efektif jika digunakan oleh banyak orang. Jika kurang efektif maka kurikulum yang ada harus dievaluasi. 

Hal-hal itulah yang membuat kurikulum selalu berubah dari waktu ke waktu. Jadi kurikulum selalu berubah tujuannya untuk kepentingan pendidikan agar menjadi lebih baik dan memiliki mutu tinggi.

Itulah beberapa penyebab mengapa kurikulum pendidikan selalu berubah dari waktu ke waktu. Itu semua tidak lain karena untuk mengikuti perkembangan beberapa aspek kehidupan yang telah dijelaskan seperti di atas. Beberapa hal telah terjadi di dunia ini yang mempermudah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga para peserta didik dituntut untuk mampu secara mandiri mempelajari materi yang diberikan di sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Kurikulum Pendidikan Selalu Berubah Dari Masa Ke Masa"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel