Berikut Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia


Dari tahun ke tahun pemerintah selalu menerapkan kebijakan yang berhubungan dengan kurikulum pendidikan. Kurikulum ini dibuat dengan tujuan guna meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. Dalam menerapkan kurikulum tersebut, tetap ada beberapa hambatan yang harus dihadapi pemerintah. Dampak perubahan kurikulum dari setiap masa pasti akan ada.

Berikut Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia


Di sisi lain, pemerintah juga terlalu sering mengganti kurikulum yang sudah berjalan sehingga kesiapan dari para peserta didik maupun para guru belum sempurna. Karena perubahan yang terlalu sering ini juga dinilai kurang efektif dan efisien di Indonesia. Kurikulum dibuat berkaitan erat dengan pendidikan dan kehidupan sosial yang akan membentuk karakter baru di masa yang akan datang.

Dampak Perubahan Kurikulum 2013 di Indonesia

Dampak Positif

Di kurikulum 2013 ada beberapa penilaian yang harus dihadapi siswa. Pada kurikulum ini, pemerintah lebih menitikberatkan pada siswa karena dituntut untuk aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Sehingga siswa akan lebih siap untuk memecahkan suatu masalah. Secara tidak langsung siswa akan belajar mandiri dan bisa berpikir kritis yang akan meningkatkan wawasan dan pengetahuannya.

Pada kurikulum ini tidak hanya berfokus pada penilaian ilmu pengetahuan saja, namun juga di tambah dengan pendidikan karakter dan budi pekerti yang memang seharusnya ada di dalam pendidikan di sekolah. Siswa akan dibekali dengan keseimbangan soft skill dan hard skill. Dalam kurikulum 2013 menekankan pada peningkatan aspek afektif/sikap dan kemampuan psikomotorik/keterampilan.

Kurikulum baru ini lebih menyempurnakan kekurangan dari kurikulum yang digunakan sebelumnya. Kurikulum harus bisa memenuhi kebutuhan peserta didik yang selalu berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan kurikulum sebaiknya juga mengikuti fleksibilitas dan relevansi yang sesuai dengan konsep pendidikan yang dibutuhkan.

Kurikulum baru ini memberikan kesempatan bagi peserta didik maupun untuk pakar pendidik dalam mengembangkan kemampuannya.

Dampak Negatif

Selain sisi positif dengan adanya kurikulum 2013, ternyata perubahan kurikulum ini juga memiliki sisi negatifnya. Kurikulum ini dinilai dibuat dengan tanpa adanya riset yang mendalam. Di balik tujuan untuk menciptakan peserta didik yang lebih kreatif ini justru dinilai memberatkan siswa karena jam pelajaran yang harus ditambah. Siswa pasti lah memiliki batas waktu maksimal untuk konsentrasi belajar.

Dampak perubahankurikulum ini tidak hanya dirasakan siswa saja, namun masih juga para guru yang belum siap karena terkesan mendadak dan sosialisasinya pun belum sempurna. Padahal persiapan yang harus dilakukan pakar pendidik seharusnya sedikit lebih panjang karena tidak bisa hanya sekali atau dua kali latihan saja.

Jika di dalam kurikulum sebelumnya, yaitu ktsp, guru diwajibkan untuk membuat silabus atau bahan ajar. Namun di kurikulum baru ini guru tidak perlu membuat bahan ajar karena sudah ditentukan. Maka dalam mengajar guru seakan terpaku dengan buku panduan yang telah disiapkan untuk kegiatan belajar mengajar.

Di sisi lain, dengan diterapkannya kurikulum 2013 ini, maka pemerintah harus mengeluarkan biaya yang besar untuk pembelajaran. Karena pemerintah harus menganggarkan biaya untuk buku panduan, fasilitas penunjang pembelajaran, serta biaya pelatihan guru yang tidak sedikit jumlahnya. 


Dampak perubahan kurikulum dapat terjadi pada siapa saja, meskipun paling utama berdampak pada pakar pendidik dan peserta didik. Namun di balik adanya perubahan kurikulum tersebut pastinya ada tujuan yang lebih baik untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Kurikulum terbaru yang digunakan saat ini untuk menciptakan peserta didik yang lebih kreatif dan inovatif dan diimbangi dengan kemampuan hard skill dan soft skill.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikut Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel