5 Alasan Pendidikan di Indonesia Masih Tertinggal dengan Negara Lain


Kualitas pendidikan suatu bangsa merupakan tonggak awal yang akan menentukan nasib bangsa tersebut kedepannya. Namun, faktanya pendidikan di Indonesia masih tertinggal dari negara lain. Bahkan dengan sesama negara yang sedang berkembang sekalipun. Hal ini berdasarkan data dari OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat 57 dari total 65 negara yang ada di dunia.

Pastinya ada alasan yang melatarbelakangi mengapa begitu tertinggalnya pendidikan di  Indonesia. Seperti adanya wajib belajar di 12 tahun yang baru diterapkan oleh pemerintah baru-baru ini. Sedangkan negara lain sudah sangat lama menerapkan wajib belajar 12 tahun untuk warga negaranya. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, sehingga untuk memanfaatkannya dengan baik diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas pula.

5 Alasan Pendidikan di Indonesia Masih Tertinggal dengan Negara Lain


Belum Meratanya Pendidikan

Tertinggalnya pendidikan di Indonesia disebabkan oleh pendidikan itu sendiri yang kurang merata. Pendidikan yang ada di daerah pelosok dan daerah perkotaan memiliki kesenjangan yang sangat jauh. Hal ini dikarenakan peran serta pemerintah dalam memajukan sekolah yang ada di pelosok kurang optimal. Sebenarnya permasalahan ini merupakan hal pelik yang sudah lama terjadi. Mungkin untuk orang yang berada di perkotaan tidak begitu merasakan dampak pendidikan yang belum merata ini. Namun, untuk orang yang ada di pelosok negeri tentu sangat merasakan dampaknya.

Kualitas Pengajar Standar

Alasan pendidikan diIndonesia masih tertinggal yang selanjutnya adalah kualitas pengajar yang standar. Di Indonesia sendiri profesi guru tidak menjadi favorit bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan kesejahteraan yang didapat masih sangat minim, terlebih lagi untuk guru honorer. Tentu saja banyak dampaknya, seperti orang-orang unggulan yang lebih memilih pekerjaan lainnya untuk mendapatkan gaji lebih besar.
Namun, untuk sebuah tugas mulia ada juga orang-orang unggulan yang mau mengabdi menjadi  guru. Berbeda dengan di negara maju, banyak orang yang ingin menjadi  guru karena kesejahteraan yang menjanjikan serta sebagai profesi yang mulia. Jika ingin pendidikan di Indonesia lebih bagus, maka kualitas guru merupakan hal pokok yang harus diperhatikan.

Kurangnya Tenaga Pengajar

Masih menyangkut tenaga pengajar, yakni kurangnya jumlah tenaga pengajar sehingga menyebabkan pendidikan di Indonesia masih tertinggal. Kurangnya jumlah tenaga pengajar sangat berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima oleh anak didik. Seperti yang sudah diketahui bahwa menjadi guru merupakan tugas mulia, namun memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah dan tidak adanya kepastian dari pemerintah. Hal ini menyebabkan banyak orang lebih memilih profesi lain yang menguntungkan, seperti dokter, polisi, pedagang, pengacara, serta pegawai swasta.

Kesadaran Pendidikan Masih Rendah

Selain dari faktor tenaga pendidik, tertinggalnya pendidikan di Indonesia juga disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat akan pendidikan itu sendiri. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Dari fakta yang ada di masyarakat banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk langsung bekerja daripada harus menempuh jalur pendidikan terlebih dahulu.

Belum Gratis Sepenuhnya

Saat ini pemerintah terus menggencarkan program sekolah gratis untuk masyarakat. Namun, yang digratiskan hanya sampai jenjang Sekolah Menengah Pertama. Untuk selanjutnya dibutuhkan biaya yang banyak untuk menempuh bangku sekolah. Selain itu, alat tulis, seragam, dan buku juga harus dibeli dengan harga yang cukup mahal. Untuk masyarakat kelas ke bawah hal ini tentu memberatkan, sehinga menjadikan pendidikan di Indonesia masih tertinggal dari negara lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Alasan Pendidikan di Indonesia Masih Tertinggal dengan Negara Lain"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel