Updat Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Kurikulum Pendidikan (PSB) Online berbasis Web dengan PHP dan MySQL

Apa PSB Online itu ? Mungkin saat ini ada yang belum mengetahui tentang PSB, PSB merupakan singkatan dari Pendaftaran Siswa Baru. Seperti yang kita ketahui bahwa Pendaftaran Siswa Baru yang digunakan selama ini adalah masih bersifat offline, yaitu kita datang ke sekolah dan mendaftar disana.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat. Dalam permendikbud tersebut, diatur mengenai sistem zonasi yang harus diterapkan sekolah dalam menerima calon peserta didik baru.

Radius zona terdekat ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kondisi di daerah tersebut. Kemudian sebesar 10 persen dari total jumlah peserta didik dibagi menjadi dua kriteria, yaitu lima persen untuk jalur prestasi, dan lima persen untuk peserta didik yang mengalami perpindahan domisili. Namun, sistem zonasi tersebut tidak berlaku bagi sekolah menengah kejuruan (SMK)

Dalam Permendikbud ini memang disebutkan bahwa seleksi PPDB pada kelas VII SMP dan kelas X SMA/SMK mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar. Urutan prioritas itu adalah: 1. Jarak tempat tinggal ke sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi; 2. Usia; 3. Nilai hasil ujian sekolah (untuk lulusan SD) dan Surat Hasil Ujian Nasional atau SHUN (bagi lulusan SMP); dan 4. Prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang diakui sekolah sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing. 

Updat Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Kurikulum Pendidikan (PSB) Online berbasis Web dengan PHP dan MySQL

Website Penerimaan Siswa Baru (PSB) atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai marak diterapkan pada sekolah-sekolah SMA dan SMP, terutama yang berstatus RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

Fungsi utama dari website PSB Online Sekolah untuk memudahkan para calon peserta dalam mendaftar sebagai siswa pada Sekolah yang bersangkutan sehingga calon peserta dapat melakukan pendaftaran kapanpun dan dimanapun dia berada.

Selain melayani Registrasi, website PSB Online juga dilengkapi dengan halaman Administrator untuk mengelola data calon Peserta PSB Online Sekolah dan Manajemen Nilai Rapornya serta Cetak Data (Laporan) dalam format PDF.

Untuk mendownload  Updat Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Kurikulum Pendidikan (PSB) Online berbasis Web dengan PHP dan MySQL ini ada di link di bawa ini.

Semoga bermanfaat bagi para guru, rekan-rekan yang ada di mana saja.

 SOURCE CODE

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Updat Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Kurikulum Pendidikan (PSB) Online berbasis Web dengan PHP dan MySQL"

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel