Sistem Informasi Statistik Pertanian dan Perkebunan Pada BPS Kota Metro

Di era yang moderen ini perkembangan ilmu dan teknologi mengalamai kemajuan yang sangat pesat sekali, mencakup segala bidang aspek kehidupan. Kemajuan ilmu dan teknologi tersebut sangat mendukung dan membantu dalam pelaksanaan  suatu pekerjaan sehingga menjadikanya lebih mudah dan efisien, serta data yang diolah sangat akurat.

Sistem Informasi Statistik Pertanian dan Perkebunan Pada BPS Kota Metro


Badan Pusat Statistik Kota Metro yang beralamatkan di  Jl. A.R. Prawiranegara Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat merupakan Badan Instansi Pemerintah yang bertangung jawab menyediakan berbagai data seperti : data sensus penduduk, data sensus pertanian, data harga bahan pokok, Sosial Ekonomi Nasional, Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS), Pendataan Potensi Desa (Podes), Survei Ubinan, Padi/Palawija, Pendataan Sapi Potong dan Kerbau (PSPK). Badan Pusat Statistik Kota Metro juga merupakan salah satu instansi yang menyediakan informasi tentang hasil pertanian dan peternakan di wilayah Kota Metro. Dan terbagi menjadi lima wilayah yaitu Metro Selatan, Metro Barat, Metro Timur, Metro Utara, dan Metro Pusat. Dimana selama ini ketika ingin mengetahui hasil dari peranian dan peternakan harus mencari satu persatu buku yang ada di perpustakaan kantor Badan Pusat Statistik Kota Metro.

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, dan lain-lain.

Pengelolan data di Badan Pusat Statistik (BPS) telah menggunakan perangkat komputer dalam membantu mengolah data tersebut, akan tetapi pengelolaan data pertanian dan peternakan masih dilakukan dengan cara pencatatan pertanian dan peternakan yang ada, dan menggunakan Aplikasi Microsoft Excel untuk perhitungan, dan Microsoft Word untuk surat menyurat dan laporan, dimana data tersebut akan dicocokan dengan data yang ada dipusat. Proses pengolahan data hasil pertanian dan peternakan melibatkan bagian Kasubbag Tata Usaha dan Kepala Badan Pusat Statistik sebagai penanggung jawab.

Didalam pelaksananya masih terdapat permasalahan yang selalu timbul diantaranya ditulis dalam form yang diarsipkan (Paper Base) sehingga data hasil peternakan dan perkebunan yang dievaluasi relatif dapat menimbulkan terjadinya kesalahan dalam pencarian data (human error) dalam merekap data hasil peternakan dan perkebunan setiap periodenya.

Berdasarkan analisa di atas tersebut, sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini maka akan dibuat sebuah aplikasi dimana aplikasi tersebut untuk membantu dalam pengelolaan data hasil pertanian dan peternakan menjadi lebih mudah dan efesien serta data yang diolah akan lebih akurat.

Bila rekan rekan berminat dan membutuhkan skript untuk  Sistem Informasi Statistik Pertanian dan Perkebunan Pada BPS Kota Metro silahkan berkomentar di kolom komentar ini.

Terima kasih atas kunjungan dan waktunya untuk membaca blog Kurikulum Pendidikan ini,. Semoga bermanfaat. Salam.

Bila ada file yang di password silahkan berkomentar di kolom komentar ini. password saya akan berikan lewat Email masing masing. 

0 Response to "Sistem Informasi Statistik Pertanian dan Perkebunan Pada BPS Kota Metro"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel