REVISI PANDUAN OPERATOR MADRASAH UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Basis Komputer)

Aplikasi UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. pada artikel sebelumnya saya mengunggah tentang UAMBN-BK yang berjudul Panduan Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Operator Madrasah yang ternyata ada Revisinya keblai. maka saya sekalu admin memuat ulang Panduan aplikasi UAMBN-BK dangan judul  " REVISI PANDUAN OPERATOR MADRASAH UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Basis Komputer)"


A. PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI UAMBNBK

1. PANDUAN PROKTOR MADRASAHOperator Pihak Madrasah merupakan “command center” yang mengatur data-data madrasah, data siswa yang mengikuti ujian, sinkronisasi dan kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring Untuk membuka aplikasi UAMBNBK terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser (seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome) pada PC anda.

1.1. BrowserLangkah pertama anda harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda bisa membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox dan SafeExampBrowser gambar dibawah ini, (disaranakan menggunakan Google Chrome) :


Berikut ini gambar/logo dari Browser (Google Chrome Mozila Firefox  dan Safe Examp Browser)

Untuk memaksimalkan dalam penggunaan aplikasi UAMBNBK, spesifikasi hardware server proktor disarankan menggunakan spesifikasi min. Prosesor core I5, Memory RAM 8GB. Koneksi jaringan internet/LAN dan dipastikan sudah terhubung/koneksi dengan jaringan untuk dapat mengakses Aplikasi online, sedangkan untuk aplikasi offline cukup terhubung dengan jaringan local, Kecuali saat proses sinkronisasi harus terhubung dengan internet.

1.2. Beranda Aplikasi UAMBNBK
Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, berikut dibawah ini adalah tampilannya apabila Anda telah berhasil masuk ke halaman LOGIN UAMBNBK.

1.3. Login Operator Pada Aplikasi UAMBNBK
Hak akses Pihak Madrasah adalah sebagai Operator Madrasah atau Proktor Madrasah, karena hak dan otoritas nya adalah untuk mengatur data dan lalulintas pemakaian aplikasi UAMBNBK di tingkat madrasah-madrasah. Ada dua jenis tahap login pada proktor madrasah yaitu login ketika online dan login ketika offline. Login ketika online yaitu langsung dari alamat link http://madrasah.argociptapersada.com sedangkan login secara offline yaitu pada aplikasi UAMBNBK yang sudah di install tadi setalah selesai mengisi data di online. Berikut tahapan-tahapan di bawah ini 
LOGIN SECARA ONLINE



Gambar di atas adalah tampilan awal ketika sudah memasukan alamat link tadi,Langkah-langkah login ke dalam aplikasi :
1. Masukan username proktor madrasah
2. Masukan Password pada text box
3. Klik tombol Sign in atau tekan Enter

2. MENU BERANDA
Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, pada menu beranda terdapat 3 sub menu yaitu Dashboard, Monitor Update dan Helpdesk.

2.1. Dashboard
Halaman dashboard ini memuat tahapan Pengunaan Aplikasi UAMBNBK versi 1.0 baik online maupun offline. Ada 3 langkah penggunaan aplikasi ini tahap pertama yang harus di isi oleh proktor madrasah yaitu pengisian data secara online dengan mengisi Data Dasar yang meliputi Cek Profil Madrasah, Cek Data Siswa, Isi Ruang Ujian, Penjadwalan Madrasah, Pemaketan dan Penjadwalan, dan Backup Kesiapan Ujian. Kemudian tahap kedua adalah sinkronisasi data yang di lakukan secara offline menggunakan aplikasi yang di install tadi yang meliputi dua tahapan yaitu yang pertama sinkronisasi data online ke offline dan tahap terakhir sinkronisasi bank soal. Kemudian langkah ke Tiga sama seperti menu sebelumnya di lakukan secara offline yaitu Pelaksaan Ujian, meliputi yang pertama Cetak Kartu Ujian, kemudian Kontrol Ujian, Berita Acara dan Absensi dan terakhir Hasil Kirim Ujian ke Pusat. Berikut langkah-langkahnyah akan di jelaskan dibawah ini.


Langkah 1 – Mengisi Data Dasar
Detail petunjuk pengisian dapat diliat dengan memilih/menyorot peritem seperti contoh berikut  dalah memilih “cek profil madrasah” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 2 – Sinkronisasi Data
Detail petunjuk pengisian pada langkah 2 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “sinkronisasi penjadwalan” maka akan terlihat seperti pada gambar
dibawah ini


Langkah 3 – Pelaksanaan Ujian
Detail petunjuk pelaksanaan pada langkah 3 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “kartu ujian, kontrol ujian, dan berita acara dan absensi” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini

2.2.Monitor Update
Halaman monitor update ini berfungsi untuk menampilkan daftar madrasah dan jumlah siswa yang mengikuti ujian UAMBNBK. Sekaligus sebagai patokan pelaksaan ujian bisa di laksanakan jika Pemaketan dan Penjadawalan mata pelajaran yang di ujiankan sudah di isi, berikut contoh Madrasah yang terdapat kotak merah, kemudian jika mata pelajaran belum di isi pemaketan dan penjadwalan maka pelaksanaan ujian belum bisa di laksanakan. seperti tampilan halaman di bawah ini.



3. TAHAPAN-TAHAPAN

Langkah 1 Mengisi Data Dasar
Tahapan ini akan menjelaskan tahapan-tahapan penggunaan aplikasi UAMBNBK, yang di lakukan secara online.

a) Cek Profil Madrasah
Menu ini berfungsi untuk melengkapi form di kartu ujian di siswa yang juga melampirkan nama dan nip kepala madrasah. 

Langkah-langkah mengedit data profil madrasah :
1) Pilihan dropdwon, pilih dropdown data dengan sesuai dan benar
2) Pilih kelurahan
3) Kemudian pilih Status madrasah
4) Isi deskripsi/keterangan dari data madrasah tersebut
5) Selanjutnya isi Nama Kepala Sekolah dan NIP
6) Unggah Dokumen/Photo
7) Selanjutnya klik Simpan untuk menyimpan data yang di rubah

b) Cek Data Siswa
Data siswa akan ditampilkan berdasarkan data yang bersumber dari EMIS. Kemudian jika ada data siswa tersebut tidak sesuai atau belum ada, proktor atau pihak madrasah dapat menambahkan data siswa di menu upload data siswa sesuai format yang telah di sediakan.

Langkah langkah menampilkan daftar siswa yang mengikuti ujian :
  1. Pilih dropdown tahun ajaran
  2. Pilih tingkat siswa yang mengikuti ujian
  3. Pilih gender siswa
  4. Pilih dropdown jurusan siswa(jika ada)
  5. Kemudian akan tampil daftar siswa yang mengikuti ujian
  6. Pada tabel no 6 terdapat tombol kaca pembesar yang berfungsi untuk menampilkan detail data siswa, kemudian tombol pensil berfungsi untuk mengedit data siswa dan tombol crash berfungsi untuk menghapus data siswa yang sudah di input
c) Upload Data Siswa
Menu ini berfungsi untuk menambahkan data siswa yang mengikuti ujian UAMBNBK, dengan format Excell yang sudah di tentukan. Berikut langkah-langkah di bawah ini.


Langkah-langkah menambahkan Data Siswa :
  1. Klik menu Siswa
  2. Kemudian klik sub menu Upload Data Siswa
  3. Tampilan dokumen data siswa yang sudah di upload ke sistem
  4. Pada tabel no 4 terdapat tombol Unduh yang berfungsi untuk mengunduh dokumen data siswa yang sudah di upload ke sistem, kemudian tombol pensil berfungsi untuk mengedit data siswa dan tombol crash berfungsi untuk menghapus data siswa yang sudah di input
  5. Kemudian klik tombol Tambah Baru untuk menambahkan data siswa,maka akan tampil halaman berikut ini.  

  6. Langkah pertama menambahkan data siswa, unduh terlebih dahulu format yang sudah di sediakan oleh sistem yaitu format .xlsx , jika menggunakan format yang lain maka data tidak akan masuk. Berikut tampilan format data siswa.
  • a. Isi Nomor NPSN, NSM dan NISN (Wajib) kemudian isi No UN dan Jurusan untuk MA pengisian jurusan sesuai kode yang sudah terdapat pada keterangan di samping kanan 
  • b. Isi nama siswa 
  • Kemudian isi Kelas siswa, untuk pengisian kelas menggunakan angka 1 sampai 12 (tidak di perkenankan menggunakan angka romawi dan huruf lainnya) 
  • d. Isi tahun ajaran, seperti kolom jurusan pengisian tahun ajaran menggunakan kode yang sudah di tentukan di keterangan 
  • e. Isi tanggal lahir, pengisian tanggal lahir harap menggunakan format Long date atau Short Date. 


7. Tahap selanjutnya Upload kembali format tersebut yang sudah di isi data siswa
8. Kemudian klik Simpan

d) Menambahkan Ruang Ujian
Menu ini berfungsi untuk menambahkan ruangan yang di pakai ujian dan juga untuk mendistribusikan siswa ke ruang-ruang ujian dan sebagai pencatatan untuk berita acara dan absensi.



Langkah-langkah menambahkan data ruang ujian :
1. Klik menu Madrasah
2. Klik sub menu Data Ruang Madrasah
3. Berikut ini adalah tampilan ruang ujian yang sudah di tambahkan
4. Kemudian untuk menambahkan Ruangan ujian baru klik tombol

Tambah Baru maka akan tampil halaman berikut ini


a. Isi Nama Ruang ujian
b. Kemudian isi Kode Ruang Ujian
c. Selanjutnya klik Simpan untuk menambahkan data ruang ujian baru

e) Penjadwalan Madrasah
Langkah selanjutnya yaitu membuat penjadwalan ujian mulai dari mengatur Jadwal mata pelajaran, waktu pelaksanaan, dan ruang ujian. Pada aplikasi UAMBNK penghitungan sesi ujian yaitu berdasarkan server pada suatu ruangan, jika pelaksanaan ujian di lakukan pada dua ruangan dengan masing-masing jurusan yang berbeda, tetapi pada waktu yang sama, maka penghitungan tersebut adalah dua sesi.


Langkah-langkah menambahkan Penjadwalan Ujian :
1. Klik menu Ujian Komputer
2. Klik sub menu Penjadwalan Madrasah
3. Tampilan daftar Jadwal ujian yang sudah di tambahkan
4. Selanjutnya untuk menambahkan penjadwalan baru klik tombol Tambah Baru maka akan tampil halaman berikut ini.



  • a. Pilih Tahun Ujian
  • b. Pilih jurusan
  • c. Kemudian pilih jadwal mata pelajaran yang di ujiankan sesuai jurusan dan tanggal yang di ujiankan
  • d. Selanjutnya atur waktu pelaksanaan
  • e. Pilih ruang ujian
  • f. Klik tombol Simpan untuk menambahkan pejadwalan ujian

f) Pemaketan dan Penjadwalan
Setelah membuat penjadwalan ujian, tahap selanjutnya yaitu pemilihan paket dan penjadwalan ujian

Langkah-langakah pemilihan paket dan jadwal ujian :

1. Klik menu Siswa
2. Klik sub menu Pemaketan dan Penjadwalan
3. Kemudian pilih Tahun ujian
4. Pilih dropdown jurusan (kecuali MTs)
5. Selanjutnya pilih jadwal mapel penjadwalan, maka akan tampil halaman berikut ini


  • a. Tampilan daftar peserta ujian UAMBNBK
  • b. Kemudian tahapan yang utama dari menu ini adalah pemilihan Ruang dan Jadwal Ujian.
  • c. Selanjutnya pemilihan paket soal ketika belum di generate adalah masih acak Auto tetapi ketika sudah di Generate maka paket soal akan otomatis

  • d. Kemudian tombol Generate berfungsi untuk menetapkan pemilihan ruangan dan jadwal ujian, sesuai ketentuan yang sudah di pilih sebelumnya 

g) Backup Kesiapan Ujian
Setelah pengisian data siswa,penjadwalan dan pemilihan paket telah selesai, maka tahap selanjutnya adalah backup kesiapan ujian. Yaitu berfungsi untuk mensinkronkan data ke aplikasi offline. Jika pada aplikasi online tidak di back up maka data tersebut tidak akan masuk di aplikasi offline


Langkah-langkah bakcup kesiapan ujian :
1. Klik menu Ujian Komputer
2. Kemudian klik sub menu Backup Kesiapan Ujian
3. Lalu klik tombol Backup Sekarang dan tunggu sampai proses backup selesai.

Maka setalah proses tahapan-tahapan tadi telah selesai, selanjutnya yaitu
proses install aplikasi UAMBNBK :

B. TAHAP INSTALL APLIKASI
Jika belum mendapatkan aplikasi offline maka proktor dapat mendapatkanya ketika sudah membackup kesiapan ujian di aplikasi online.


Klik di sini untuk mengunduh aplikasi UAMBNBK offline, setalh di extract maka akan tampil file berikut ini

TAHAP PERTAMA
Matikan Firewall terlebih dahulu di computer client/siswa, search program “Windows Firewall ”

1. Klik menu Turn Windows Firewall on or off
2. Kemudian klik Trun Off windows firewall home or local network
3. Klik Trun Off windows firewall public network
4. Lalu klik OK

TAHAP KEDUA
Install aplikasi utama yaitu file “UAMBK.-SetUp.exe” double klik pada file aplikasi tersebut.

Selanjutnya, akan tampil halaman user information yaitu isi User Name Organization, dan serial number. Serial number sudah terdapat pada file “serial_number.txt”.

Pilih lokasi penempatan data installer aplikasi UAMBNBK, klik “Next” untuk melanjutkan.

Centang kolom kotak create a desktop shortcut untuk membuat shortcut pada desktop. Lalu klik next
Setalah itu klik install, maka aplikasi UAMBNBK sudah siap diinstall

Centang kolom launch UAMBNBK dan klik finish untuk memulai aplikasi UAMBNBK.
Maka setelah di klik tombol finish akan muncul tampilan seperti berikut ini :

Catatan : Jangan di Close tampilan layar cmd / kotak hitam di atas. Cukup minimize tampilan tersebut.

Perlu di perhatikan aplikasi yang utama tadi merupakan aplikasi server yang di install di computer server atau proktor pihak madrasah.

Jika status Apache adalah : “Running – CPU : %” itu berarti sudah siap untuk di gunakan, kemudian sebaliknya jika status Apache adalah :” Sttoped” itu berarti server sudah keadaan mati. Cukup klik tombol kecil segitiga biru untuk memulai kembali status server apache nya, dan klik “Start Apache”.

LOGIN SECARA OFFLINE
Setelah tahap installasi selesai, maka akan tampil halaman login kembali. Yang harus di perhatikan adalah untuk login pertama kali harus terhubung dengan internet karena aplikasi akan melakukan sinkronisasi terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah di bawah ini :

Untuk login offline pertama kali masukan username dan password yang di aplikasi online. Sampai proses sinkronisasi selesai

Setelah sinkronisasi selesai maka akan muncul pemberian hak akses yang di beri tanda kotak merah, dan akan otomatis pemberian username dan Password untuk aplikasi offline, sehingga login ketika online dan offline berbeda.

Catatan : 
Simpan baik-baik username dan password login offline tersebut, karena sudah di atur oleh sistem, dan jika lupa password maka harus Install ulang aplikasi tersebut.


Langkah 2 Sinkronisasi Data Offline
Tahapan ini akan menjelaskan tahapan-tahapan sinkronisasi penggunaan aplikasi UAMBNBK, yang di lakukan secara offline. Berikut tahapan-tahapan yang akan di jelaskan di bawah ini :

a) Sinkrosinasi data Online ke Offline
Tahap pertama dalam menggunakan aplikasi offline yaitu harus sinkronisasi data dari aplikasi online ke offline terlebih dahulu. Tahapan ini berfungsi untuk mengambil data Siswa, Ruang Ujian Sekolah, Penjadwalan madrasah atau sesi ujian, kemudian Pemaketan dan Penjadwalan.


Langkah-langkah Sinkronisasi data online ke offline :
1. Klik menu Sinkronisasi
2. Kemudian klik sub menu Online ke Offline
3. Setelah itu klik tombol SINKRON SEKARANG

b) Sinkronisasi Bank Soal
Tahapan ini berfungsi untuk mengabil semua data soal dan pilihan jawaba soal ujian kecuali kunsi jawaban. Tunggu proses sinkronsiasai samapi selesai :



Langkah-langkah Sinkronisasi Bank Soal :
1. Klik menu Sinkronisasi
2. Kemudian klik sub menu Sinkronisasi Bank Soal
3. Lalu klik tombol SINKRON SEKARANG

Setelah tahapan sinkronisasi telah selesai selanjutnya adalah pelaksaan ujian


Langkah 3 Pelaksanaan Ujian
Tahapan ini akan menjelaskan pelaksanaan ujian penggunaan aplikasi UAMBNBK, yang di lakukan secara offline. Berikut tahapan-tahapan yang akan di jelaskan di bawah ini :

a) Cetak Kartu Ujian
Tahap selanjutnya dalam penggunaan aplikasi offline yaitu cetak kartu ujian. Berfungsi sebagai identitas siswa saat ujian dan juga terdapat username dan password untuk mengakses pelaksanaan ujian UAMBNBK

1. Klik menu siswa
2. Kemudian klik sub menu Data Siswa
3. Lalu klik tombol Cetak Kartu UAMBNBK


b) Kontrol Ujian
Tahap selanjutnya adalalah menu yang paling utama dari aplikasi UAMBNBK yaitu pelaksanaan ujian, di menu ini proktor dapat mengatur pelaksanaan ujian yang akan di jelaskan di bawah ini :

1. Pilih dropdown jenjang madrasah, tingkat ujian, mata pelajaran, penjurusan dan semester

2. Kemudian klik status ujian untuk mengontrol jadwal ujian, maka akan tampil halaman seperti di bawah ini.

3. Dari menu ini Kontrol Pelaksanaan ujian di lakukan jika jadwal ujian belum memasuki waktu ujian klik tombol “BELUM” kemudian jika jadwal ujian sudah memasuki waktu ujian klik tombol “MULAI” dan jika waktu jadwal ujian telah selesai sesuai waktu yang telah di tentukan klik tombol”BERHENTI” maka otomatis pelaksanaan ujian di halaman siswa akan berhenti.

c) Cetak Berita Acara dan Abensi
Menu ini berfungsi untuk mencetak kronologi ujian, berita acara dan absensi peserta ujian, untuk berita acara di cetak dalam format Word untuk di olah terlebih dahulu sebelum di tandatangani

Langkah-langkah mencetak berita acara dan absensi :
1. Klik menu proktor
2. Klik sub menu berita acara & absensi
3. Selanjutnya terdapat 3 tombol yaitu cetak kronologi ujian,cetak berita acara dan cetak absen siswa

Selanjutnya pada menu ini berfungsi untuk memonitoring ujian jika ada hal-hal yang tidak di inginkan, misal komputer error, atau gangguan lainnya pada komputer client, proktor dapat menghentikan terlebih dahulu waktu pelaksanaan ujian siswa tersebut, sehingga waktu bisa di sesuaikan kembali dengan waktu yang terbuang ketika ada gangguan tadi.

Berikut langkah-langkah di bawah ini

a. Klik status siswa

b. Selanjutnya pilih status siswa tersebut, jika ingin di berhentikan sementara waktu ujiannya maka klik status “Suspend” maka otomatis waktu ujian siswa tersebut terhenti

c. Isi keterangan status

d. Kemudian klik status Revisi berfungsi untuk melanjutkan kembali waktu ujian siswa tersebut
e. Lalu atur waktu yang mau di tambahkan oleh proktor , hitungan waktu tersebut adalah per Menit
f. Lalu klik simpan
d) Kirim Hasil Ujian
Langkah terakhir dari pelaksanaan ujian UAMBNBK adalah kirim hasil ujian ke pusat.

1. Klik menu proktor
2. Kemudian klik sub menu kirim hasil ujian
3. Setelah itu klik tombol kuning , jika hasil ujian telah di kirim maka tombol status tersebut adalah warna biru


C. TAHAP INSTALL APLIKASI CLIENT/SISWA
Install aplikasi “SafeExampBrowser” aplikasi ini di tunjukan untuk computer Client/Siswa guna untuk melaksanakan ujian UAMBNBK, setelah installasi selesai kemudian cari program “SEB Config Tool” berfungsi untuk mengatur IP Address client dengan asumsi harus sama dengan IP Proktor.



Tahap selanjutnya atur IP Address server pada kolom Star URL contoh “192.168.0.202:2711” IP tersebut adalah IP yang terdapat pada computer proktor yang harus di isi pada computer client/siswa. Kemudian angka “:2711” adalah port UAMBNBK angka tersebut harus di tulis di belakang IP server. Jika pengaturan IP server telah di lakukan kemudian Simpan atau Save, yaitu pilih menu file > Save Settings atau tekan CTRL+S.


Setelah IP Server telah di lakukan dan di Save kemudian klik aplikasi browser “Safe Examp Browser” maka otomatis akan tampil halaman login untuk client/siswa :



Setelah login dengan username dan password siswa maka tampilan pelaksanaan ujian seperti berikut ini


  1. Langkah pertama klikmenu Jadwal Ujian pada menu Beranda
  2. Selanjtunya terdapat jadwal ujian yang di ikuti oleh siswa dan detail jadwal dan jam ujian siswa, klik tombol MULAI untuk mengikuti pelaksanaan ujian.
  3. Dan terdapat tombol BELUM UJIAN yang berfungsi jika Pelaksanaan jadwal ujian akan segera di mulai, sesuai dengan waktu yang telah di tentukan,
Tahap selanjutunya adalah tampilan jika jadwal ujian telah di mulai maka siswa di persilahkan untuk mengisi lembar soal-soal dengan benar.

  1. Tampilan Soal Ujian
  2. Pilihan Jawaban, pilih salah satu dengan sesuai dan benar
  3. Tampilan Soal yang sudah di isi, jika status soal warna biru soal tersebut sudah OK dan jika status soal warna kuning soal dalam keadaan ragu ragu, silahkan di isi dengan teliti dan benar, tampilan tersebut hanya untuk menandakan status soal tesebut.
  4. Tombol Ragu-Ragu berfungsi jika jawaban soal masih belum yakin benar, sehingga siswa bisa menjawab lagi dengan baik dan benar
  5. Tombol OK berfungsi jika jawaban sudah yakin dan benar 
  6. Pilihan A tersebut berfungsi untuk mengatur Ukuran Huruf jika terlalu kecil klik A yang ukuran besar begitupun sebaliknya 

Kemudian klik Selesai jika soal ujian telah yakin benar di isi semua. dan sekaligus untuk mengakhiri ujian UAMBNBK


D. TROUBLE SHOOTING APLIKASI UAMBNBK


Jika saat proses sinkronisasi data online ke offline terjadi Internet conection failed seperti gambar di atas, silahkan copy file “msvcr110.”pada file aplikasi yang di unduh tadi

Extract terlebih dahulu file tersebut sesuai versi computer 32 bit atau 64 bit


Selanjutnya copy atau cut file terebut ke folder Local Disk C/windows


Kemudian paste atau CTRL + V file tersebut. Setelah itu relod halaman yang ada bermasalah tadi.

'
kemudian jika muncul masalah seperti ini, yaitu installasi aplikasi sudah berhasil cuman bermasalah di browser pengguna. Silahkan download ulang browser pengguna dengan versi 32 bit. Atau jika tidak buka browser kemudian ketik alamat manual “127.0.0.1:2711” lalu klik enter.



Terima kasih atas kunjungan dan waktunya untuk membaca blog Kurikulum Pendidikan ini,. Semoga bermanfaat. Salam.


0 Response to "REVISI PANDUAN OPERATOR MADRASAH UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Basis Komputer)"

Post a Comment

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel